Home / Jiran
Besok, NASA Umumkan Temuan Planet Alien
Tribun Pekanbaru - Selasa, 1 Februari 2011 15:33 WIB
Share |
1036431620X310.jpg
kompas.com
Planet Kepler menurut rekaan artis
TRIBUNNEWSPEKANBARU.COM - Besok Rabu (2/2/2011), NASA akan mengumumkan penemuan planet alien atau ekstra surya terbaru hasil misi pesawat antariksa Kepler. Pengumuman akan dilakukan di Auditorium Markas NASA di Washington dan juga disiarkan secara langsung di Televisi NASA.

Pengumuman akan dilakukan di sebuah briefing yang akan dilaksanakan pada pukul 13.00 waktu setempat (kurang lebih tanggal 3 Februari pukul 01.00 dini hari WIB). Pihak NASA mengatakan bahwa briefing tersebut hanya akan membahas temuan planet ekstra surya terbaru.

Pengumuman resmi di situs NASA mengungkapkan, "Data yang di-release akan memperbarui jumlah kandidat planet. Data berdasarkan observasi yang dilakukan antara tanggal 2 Mei - 17 Sepetember 2009." Pertemuan akan mengikuti jadwal yang telah dirilis hari ini.

Dalam pertemuan nanti, akan hadir pihak terkait misi Kepler. Diantaranya Douglas Hudgins dari Kepler Program Sceintist NASA, William Borucki dan Jack Lissauer yang menjadi investigator misi Kepler di Ames Research Center NASA serta Debra Fischer, professor astronomi dari Yale University.

Sebagaimana diketahui, NASA memakai Kepler untuk meneliti planet di luar tata surya yang mengelilingi bintang induknya pada zona yang layak huni, dimana air mungkin terdapat. Jadi, dalam pengumuman itu, mungkin masyarakat bisa mendapat informasi tentang planet yang layak dihuni manusia.

Kepler menggunakan fotometer super sensitif yang mampu memonitor lebih dari 156.000 bintang di gugus bintang Cygnus dan Lyra. Dengan peralatan itu, Kepler mampu mendeteksi keberadaan planet dengan mendeteksi peredupan cahaya bintang induk ketika sebuah planet melewatinya.

Baru-baru ini, Kepler berhasil menemukan planet alien terkecil bernama Kepler 10b. Planet itu berukuran 1,4 kali bumi dengan massa 4,6 kali bumi, mengelilingi bintang yang jaraknya 560 tahun cahaya dari bumi. Sayangnya, planet itu tak layak huni karena terlalu dekat dengan bintang induknya.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan secara langsung pengumuman tersebut, Anda bisa mengakses televisi NASA secara online di www.nasa.gov/ntv. 


Editor : sesri
Sumber : Kompas.com

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe