Home / Riau Region
Banjir Landa Dusun 3 Mempura
Tribun Pekanbaru - Selasa, 1 Februari 2011 00:18 WIB
Share |
SIAK, Tribunnewspekanbaru.com - Banjir yang kembali melanda Dusun 3, RT/RW 6/3, Desa Paluh, Kecamatan Mempura, Siak tahun ini lebih parah. Pasalnya, kanal yang diduga milik dua perusahaan kayu di sekitar daerah tersebut, Jumat (28/1) lalu jebol.Ida  (28), warga, langsung mengadukan nasibnya kepada bakal calon Bupati Siak Said Muhammad bersama Ketua Tim Irvan Gunawan ST dan beberapa tim lainnya, saat mengujungi lokasi banjir.

''Sudah lebih seminggu kami kesusahan begini Pak, banjir ini tambah parah karena jebolnya kanal itu. Tolonglah Pak, segera diperbaiki secepatnya,'' ungkap Ida, Senin (31/1).Akibatnya, dengan kondisi seperti ini membuat anak-anak mereka kesulitan untuk pergi sekolah. ''Bahkan sudah ada keluarga yang sakit demam dan juga muntah-muntah, sementara bantuan lain belum ada yang datang,'' tuturnya.

Pengamatan Tribun langsung di lapangan, tampak banjir hingga ke lutut orang dewasa, bahkan informasi masyarakat ada rumah yang terendam hingga ketinggian pinggang orang dewasa. Sementara itu Humas PT Arara Abadi, Musherizal Yatim membantah kanal yang disebut masyarakat tersebut milik perusahaanya.

''Saya sudah cek ke lapangan, ternyata bukan kanal milik PT Arara Abadi, tetapi milik perusahaan lain dan tidak ada kanal yang jebol, hanya melimpah. Ini disebabkan curah hujan akhir-akhir ini memiliki intensitas yang tinggi,'' jelasnya. Kedatangan Said Muhammad bersama tim didampingi Sekdes Desa Paluh, Naim ke lokasi banjir langsung ke rumah warga.

PDAM Duri Terganggu

Sementara itu, pompa air di waduk lapangan Duri Km 125, terendam air dan mengalami kerusakan Minggu (30/1). Kejadian itu diakibatkan oleh hujan deras yang terus mengguyur Kota Duri dalam beberapa hari terakhir sehingga area di sekitar lokasi pompa mengalami kebanjiran.

Akibat kejadian tersebut, pasokan air untuk keperluan operasi CPI dan PDAM Duri menjadi terganggu. CPI telah membentuk tim untuk mengatasi masalah tersebut dengan tetap mengutamakan kaidah-kaidah keselamatan.

Upaya-upaya intensif telah dilakukan untuk memperbaiki ataupun mengganti peralatan yang rusak sehingga proses pemulihan dapat lebih cepat. Fasilitas PDAM Duri yang disumbangkan CPI tahun 1995, sampai saat ini sumber airnya masih bergantung kepada waduk ini. (kor2)

Penulis : zulham
Editor : zulham

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe