Home / Riau Region
Bandara Dumai Siap Dilandasi Boeing
Tribun Pekanbaru - Selasa, 1 Februari 2011 12:59 WIB
Share |
Boeing.jpg
net
salah satu jenis pesawat Boeing
DUMAI, TRIBUN- Bandar Udara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau, yang biasa dilandasi pesawat jenis fokker, ke depan akan ditingkatkan untuk dapat dilandasi pesawat berkapasitas besar dan rute penerbangan umum jenis Boeing.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, H Marwan di Dumai, Selasa, mengatakan, peningkatan tersebut dilakukan pertama dengan menambah panjang landasan pacu dari 1.800 x 40 meter menjadi 2.250 x 40 meter. "Hal ini kita lakukan karena landasan pacu Boeing memiliki standar di atas 2.000 meter. Untuk itu kita melakukan renofasi bandara dengan menambah panjang jalur pacu," paparnya.

Selain itu renofasi bandara ini dilakukan karena kerja sama pinjam pakai pengelolaan Bandara Pinang Kampai atau hibah PT Pertamina kepada Pemko Dumai untuk 2011 kembali dilanjutkan.
"Ini merupakan persetujuan pemko yang sempat menininjau ulang MoU (nota kesepahaman) yang dibentuk pada 2008," terang Marwan.

Selain menambah panjang jalur landasan, fasilitas dan sarana prasarana Bandara lainnya yang dirasa belum layak dan perlu dilakukan peremajaan serta pengadaan sejumlah alat pendukung kelancaran aktivitas penerbangan juga akan dilakukan.

"Untuk pengerjaan penambahan panjang jalur landasan pacu, sebelumnya landasan yang saat ini terkesan tipis akan dilapis ulang termasuk "taxi way" setebal 7,5 cm," terangnya.

Sedangkan kegiatan pengadaan fasilitas lainnya, pihak Dishub Dumai berencana untuk membeli kendaraan pemadam kebakaran yang ideal dan komplit serta pengadaan alat navigasi sebagai rambu-rambu lalulintas bandara.

Dengan kelengkapan sarana dan prasarana fasilitas pendukung bandara, Marwan mengharapkan status bandara khusus dapat ditingkatkan menjadi bandara umum dan melayani kepentingan penerbangan umum.

"Rencana perbaikan dan pembangunan Bandara pinang Kampai ini dananya bersumber dari APBN melalui Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) TA 2011 Kementrian Perhubungan RI sebesar Rp34 miliar yang teralokasi di pos anggaran Bandara Jayapura," terang Marwan.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa sebuah maskapai penerbangan umum sudah menyatakan minatnya menjajaki Bandara Pinang Kampai guna membuka rute penerbangan umum.
Maskapai tersebut memiliki lima unit armada pesawat jenis fokker 50 sesuai dengan kemampuan landasan pacu bandara saat ini, dan tengah menyiapkan beberapa unit Boeing. (*)

Editor : rinal
Sumber : Antara

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe