Home / Dumai Region / Dumai
Alokasi untuk Air Bersih Rp 117 Miliar
Tribun Pekanbaru - Selasa, 1 Februari 2011 19:56 WIB
Share |
DUMAI, TRIBUN - Tahun ini, Pemko Dumai menganggarkan sebesar Rp 117 miliar untuk pembangunan proyek air bersih Kota Dumai. Alhasil alokasi untuk kegiatan pembangunan pada masing-masing satuan kerja (Satker) hanya sebesar Rp 272 miliar.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Dumai, Surya Irianto, Selasa (1/2) mengatakan pembangunan proyek air bersih tersebut dilakukan tahun jamak. Diakuinya untuk tahun ini untuk pembayaran tersebut harus dilunasi.
"Jadi di dalam belanja biaya langsung sebesar Rp 391 miliar dalam RAPBD Kota Dumai yang akan kita ajukan ke DPRD Dumai ada hak untuk proyek air bersih itu Rp 117 miliar," katanya.
Disebutkannya, saat ini seluruh Satker dilingkungan pemerintah Pemko Dumai sudah mengajukan rencana penggunaan anggaran untuk 2011. RAPBD Dumai itu direncakan akan diajukan Pemko Dumai ke DPRD setelah penandatangan kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Platform Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang ditandatangi keduanya yakni Legislatif dan Eksekutif.
"Kita berharap sampai Maret mendatang, RAPBD Dumai ini sudah selesai dibahas di dewan," kata Surya.
Ia menyebutkan untuk tahun 2011, APBD Dumai sebesar Rp 780,028 miliar. Meskipun tidak terlalu kentara, angka tersebut lebih besar dari 2010 yang jumlahnya sebesar Rp 753,9 miliar. Diakuinya peningkatan ABPD 2010 dengan yang dituangkan dalam RAPBD 2011 tersebut sebesar Rp 26 miliar.
Dirincinya dari segi pendapatan asli daerah (PAD) ada peningkatan sebear sekitar 18,3 persen. Tahun lalu dari PAD didapat Rp 54 miliar. Namun ditahun ini angkanya sedikit bertambah sebesar Rp 63 miliar. "Seperti dari sektor pajak daerah ada peningkatan 71,46 persen meningkat dari Rp 10 miliar menjadi Rp 18 miliar," katanya. (ibl)

Penulis : MohIqbal
Editor : zulharman

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe