Home / Dumai Region / Dumai
Dinkes Fogging 19 Kelurahan
Tribun Pekanbaru - Senin, 31 Januari 2011 22:45 WIB
Share |
Berita Terkait
DUMAI, TRIBUN - Dinas Kesehatan Kota Dumai mengimbau warga setempat mewaspadai penyebaran penyakit langganan musim penghujan, seperti diare, demam berdarah dan malaria. Antisipasi munculnya wabah penyakit musiman itu, Dinkes sudah melakukan fogging (pengasapan) massal di 19 kelurahan se Kota Dumai.    
"Kita sudah semprotkan fogging ke daerah-daerah endemis. Lingkungan yang rentan terjadinya penyebaran nyamuk Anophles dan di daerah itu pun prilaku hidup sehat masyarakat masih kurang," ujar Kepala Dinkes Kota Dumai, Mardjoko, kepada Tribun, Senin (31/1). Ia menyebutkan ke - 19 kelurahan tersebut berada di Kecamatan Dumai Barat dan Kecamatan Dumai Timur. Lebih mengejutkan lagi, kantong endemis justru berada di pusat kota, seperti Kelurahan Dumai Kota, Kelurahan Jaya Mukti, dan sebagain daerah Sukajadi.
"Iya selama ini daerah pusat perkotaan lah kerap dijadikan status endemis. Kita harus mengakui 50 persen warga Dumai itu masih sering menggunakan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal di situlah awal berkembangnya nyamuk," ujar Mardjoko.
Untuk gambaran saja, di daerah pusat kota masih banyak terdapat pemukiman penduduk kumuh. Mayoritas mereka yang berdomisi disana adalah para pendatang yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan dan pekerjaan serabutan. Pemko Dumai pun mencatat wilayah tersebut merupakan kantong terbesar pusat keluarga miskin. Hampir 50 persen, yaitu sekitar 4.000 kepala keluarga miskin bermukim di daerah pusat kota.
Daerah endemis adalah daerah yang dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut selalu ada temuan kasus penyakit tersebut.  
"Kami meminta masyarakat untuk memulai hidup bersih dan sehat, mengingat curah hujan sudah cukup tinggi. Dikhawatirkan genangan air yang penuh sampah mengakibatkan penyakit," ujar Mardjoko. (nng)

Penulis : NaningNutriana
Editor : zulharman

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe