Home / Riau Region
BPBD Riau Tak Bisa Tanggulangi Banjir
Tribun Pekanbaru - Senin, 31 Januari 2011 11:06 WIB
Share |
Laporan " Hengki Septihadi

PEKANBARU,TRIBUN - Meluasnya banjir di beberapa daerah di Provinsi Riau beberapa hari belakangan tidak dapat ditanggulangi Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau. Pasalnya, Kepala BPBD Riau mengatakan, pihaknya belum memiliki peraturan pedoman pelaksanaan tugas dari Gubernur Riau.

"Ini lembaga baru, kami juga belum punya apa-apa, anggaran belum punya, ruangan kerja juga belum ada, pedoman kerja peraturan gubernur yang jadi dasar kami melaksanakan tugas juga belum ada. Karena selama ini penangulangan bencana dilaksanakan oleh beberapa institusi, Dinsos, Diskes, dan lain-lain. Sekarang peraturan ini belum jelas, secara regulasi kami juga belum punya kekuatan. Kami belum juga punya anggaran. Jangankan untuk penanggulangan bencana, untuk operasional kantor saja belum ada," ujar Kepala BPBD Riau Firdaus MT, Minggu (30/1).

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Zaini Ismail mengatakan, pihaknya tidak lagi menjadi pelaksana penanggulangan bencana di tingkat provinsi. Karena menurutnya saat ini sudah ada leading sector nya, yakni BPBD Riau.

"Ini kan bencana alam, bencana sosial, sekarang kan sudah terbentuk BPBD, tanyakan dengan Firdaus MT, Perda-nya sudah ada, leading sectornya, dinsos hanya membantu seandainya dibutuhkan. Kalau di kabupaten dan kota belum ada BPBD, memang itu adalah tugas dinas sosial setempat," kata Zaini, Minggu (30/1).

Laporan diterima Tribun, hingga Minggu, beberapa titik di Riau telah menjadi genangan air. Di antaranya di Tapung dan Gunung Sahilan di Kabupaten Kampar, serta beberapa daerah di Kabupaten Rokan Hulu.

Penulis : vina
Editor : vina

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe