Home / Dumai Region / Dumai
Penjual Lampion Tambah Pesanan Barang
Tribun Pekanbaru - Minggu, 30 Januari 2011 20:22 WIB
Share |
DUMAI, TRIBUN - Semakin mendekat perayaan Imlek, 2 Februari mendatang lampion- lampion atau teng long tampak semakin banyak. Umumnya depan ruko dan beberapa ruas jalan Dumai sudah terhias lampu yang secara umum bewarna merah tersebut.
Tahun ini, perayaan Imlek direncakan akan dibuat lebih meriah dari tahun sebelumnya. Wakil Panguyuban Masyarakat Tionghoa Dumai, Bujang Alwi, Minggu (30/1) mengatakan lampion- lampion itu juga nantinya akan dilombakan.
"Kemeriahan yang ingin kita capai juga menyelaraskan dengan keinginan Dumai dalam merias diri menjadi Kota Pengantin. Sehingga saat perayaan Imlek Dumai juga ada kekhasan dengan lampion," katanya.
Bujang Alwi menambahkan keberadaan lampion juga bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih kreatif yakni menimbulkan usaha membuat lampion. Pasalnya, saat ini lampion yang ada masih didatangkan dari luar negeri. "Lampion yang ada tersebut adalah barang impor. Kita harapkan dengan menjadikan ini sebagai momen kekhasan tentunya menjadi sumber masyarakat untuk mendapatkan uang dengan memproduksinya. Sebab jika kekhasan lampion ini terus dilaksanakan tentunya banyak yang mencari di saat Imlek," katanya.
Ia menilai hal tersebut bisa menjadi mata pencaharian bagi masyarakat. Malah diakuinya kedepan akan terus memngalami pengembangan dari segi motif dan bentuk. Untuk membuatnya pun lampion bentuknya sederhana jadi bisa dikerjaan untuk kerajinan rumah tangga.  "Harganya lumayan. Satu lampion berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu bahkan ada yang ratusan, disesuaikan bentuk, motif dan ukurannya," kata Alwi.
Saat ini lampion yang ada di Dumai diakuinya mencapai ribuan. Bahkan lampion tersebut tidak hanya terpasang dirumah masayarakat Tionghoa saja tapi juga masyarakat non Tionghoa. Nantinya kreatifitas masyarakat terhadap lampion tersebut akan dinilai oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Dumai. (ibl)

Penulis : MohIqbal
Editor : zulharman

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe