Home / Bumi Lancang Kuning / Indragiri Hulu
Sekitar 120 Rumah Di Rokan Hulu Tergenang
Tribun Pekanbaru - Sabtu, 29 Januari 2011 09:07 WIB
Share |

ROHUL,TRIBUNNEWSPEKANBARU.com - Sekitar 120 rumah di tiga desa tergenang banjir akibat luapan Sungai Dua di Kecamatan Rambahsamo, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Kepala Dinas Sosial Rokan Hulu Juni Syafry di Pasir Pangarayan, Jumat, mengatakan bahwa tiga desa yang dilanda banjir adalah Desa Lubuk Napal, Eluk Aur dan Desa Rambahsamo.

"Ketinggian air mencapai setengah meter sampai satu meter," katanya.

Menurut dia, banjir mulai terjadi sejak Kamis (27/1) dan menggenangi sekitar 120 rumah di tiga desa tersebut.

Ia mengatakan desa tersebut termasuk dalam daerah rawan banjir karena berlokasi di tepi Sungai Dua yang kerap meluap saat curah hujan tinggi.

Pada Jumat siang, lanjutnya, banjir di dua desa mulai surut. Namun, banjir di Desa Lubuk Napal masih terjadi dengan ketinggian air satu meter.

Ia mengatakan belum ada laporan warga yang mengungsi akibat banjir tersebut.

Ia mengatakan Dinas Sosial Rokan Hulu mulai menyalurkan bantuan makanan untuk meringankan beban para korban banjir. Bantuan yang telah disalurkan berupa 120 paket sembako.
"Saya berharap kepala desa dan camat segera melaporkan kepada Dinas Sosial apabila terjadi banjir sehingga bantuan untuk masyarakat yang menjadi korban banjir bisa segera disalurkan," ujarnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memperkirakan curah hujan yang tinggi akan melanda sejumlah daerah di Riau hingga akhir Januari.

"Diperkikan hujan akan terus turun setiap hari. Dalam dua hari belakangan hujan turun mulai pagi hari hingga malam hari sehingga suhu udara Pekanbaru menjadi rendah dan dingin. Sore ini hingga malam ini hujan akan turun kembali," kata Staf Analisa BMKG Pekanbaru Aristya Ardhitama.

Hujan akan terus turun karena pusaran angin di atas Riau yang menyebabkan cuaca menjadi dingin. Suhu udara kini rata-rata mencapai 21 hingga 29 derajat Celcius.

Selain itu, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadi angin kencang dan hujan disertai petir.

Penulis : vina
Editor : vina
Sumber : Antara

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe