Home / Lifestyle
Obesitas Picu Berbagai Penyakit
Tribun Pekanbaru - Jumat, 28 Januari 2011 12:13 WIB
Share |
MAKASSSAR,TRIBUNNEWSPEKANBARU.COM  - Kemajuan teknologi membuat orang malas bergerak sehingga memuci terjadinya obesitas. Obesitas bukan berarti berat badan lebih tetapi ada penumpukan lemak di dalam tubuh yang jauh di atas normal.

Dosen Fakultas Kedokteran Unhas dr A Makbul Aman SpPD-KEMD yang juga Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 FK Unhas mengatakan, kegemukan akan menarik penyakit lain maka akan menyebabkan menurunnya kualitas hidup, selain itu penanganan obesitas membutuhkan biaya perawatan yang sangat tinggi.

Konsekuensi kesehatan obesitas adalah memicu munulnya beberapa penyakit di antaranya jantung, kolesterol tinggi, diabetes, dan kanker.

Semantara konsekuensi ekonomi dan sosialnya adalah sering mengalami diskriminasi yakni bahan ejekan oleh teman-temannya. "Orang gemuk konotasinya malas dan pasti sering banyak yang tidak hadir di acara resmi kalaupun dia hadir pasti datang tidur. Selain itu, susah dapat pekerjaan karena akan merepotkan orang lain dan akan menghambat gerakan orang lain," ujar Makbul pada simposium kecantikan Sehat dan Cantik di Usia Pertengan, di Auditorium Prof Dr A Amiruddin, FK Unhas, Tamalanrea, Makassar (28/1/2011).

Kenapa gemuk? Kegemukan terjadi karena kelebihan kalori, gaya hidup: banyak mengomsumsi lemak tinggi; ngemil, gorengan, santan, cokelat, keju, dan kacang kacangan.

Penulis : vina
Editor : vina
Sumber : Tribunnews

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe