Home / Riau Region
Batas Riau Sumut Masih Bermasalah
Tribun Pekanbaru - Jumat, 28 Januari 2011 18:23 WIB
Share |
perbatasan.jpg
TribunPekanbaruNews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau mendesak agar pemerintah segera melakukan pembenahan konkret di kawasan perbatasan antarprovinsi. Tidak adanya perhatian di "teras" daerah tersebut membuat sejumlah kawasan rentan dicaplok oleh provinsi tetangga. Pengabaian kawasan perbatasan juga menyebabkan konflik sosial bagi masyarakat yang tinggal di sana.

Anggota Komisi A DPRD Riau, Masnur kepada Tribun menegaskan, pemerintah perlu menjaga daerah perbatasan dari aksi pencaplokan. Karena itu, upaya yang harus dilakukan yakni memberikan perhatian dalam bentuk program pembangunan infrastruktur publik bagi warga yang bermukim.

Selama ini, kehidupan masyarakat di daerah perbatasan tidak mendapat kepedulian yang nyata. Pemberian tanda tapal batas tidak cukup karena memiliki keterbatasan.

"Pemerintah perlu mengurus secara intensif kawasan perbatasan. Jangan sampai dicaplok. Masalahnya jangan sampai dipendam sehingga nanti jadi bom waktu," kata Masnur, Kamis (27/1).

Masnur mencontohkan perbatasan Riau dengan Sumatera Utara yang hingga kini belum tuntas. Padahal, menurut peta daerah, kawasan bermasalah berada di wilayah hukum Riau.

Namun, karena aksi eksodus yang dilakukan masyarakat di provinsi tetangga, kawasan tersebut seakan-akan menjadi wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Rumitnya penyelesaian masalah perbatasan antara Riau-Sumut yang sudah berlangsung hampir satu dekade silam harus menjadi pelajaran penting bagi pemprov untuk membenahi fasilitas penduduk.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Riau, Rizka Utama mengaku saat ini kawasan perbatasan Riau-Sumut belum dituntaskan. Belum ada kesepakatan antara dua belah pihak. Akibatnya, pemprov Riau menyerahkan masalah tersebut ke Kementerian Dalam Negeri.

"Kita sedang menunggu penegasan dari Kementerian Dalam Negeri," terang Rizka, Kamis (27/1). (*)

Penulis : RayaNainggolan
Editor : zidpoenya

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe