Home / Nasional
Wah... 5 Pati Polri Terima Rp 7,5 M dari Gayus
Tribun Pekanbaru - Kamis, 27 Januari 2011 21:13 WIB
Share |
JAKARTA, TRIBUNNEWSPEKANBARU.COM - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan pihaknya mendapatkan informasi ada 5 perwira tinggi Mabes Polri yang juga menerima aliran dana dari Gayus Tambunan. Setidaknya ada 4 aliran dana yang masuk ke para petinggi Polri tersebut.

"Kita menemukan ada 4 aliran dana dari Gayus ke oknum-oknum kepolisian tersebut masing-masing bernilai Rp 750 juta, Rp 1,5 miliar, Rp 2 miliar dan Rp 3,25 miliar dan kita perkirakan masih ada lagi," ujar Neta saat acara diskusi di Press Room DPR, Jakarta, Kamis (27/1/2011).

Menurut Neta, jaksa peneliti kasus Gayus Tambunan, Cirus Sinaga sangat mengetahui hal tersebut. "Dana mengalir ke perwira tinggi kepolisian tersebut Cirus tahu," sebutnya.

Karena itulah lanjut Neta, Cirus Sinaga sangat alot untuk dilakukan proses hukumnya. "Karena itu Cirus sangat alot untuk ditindak, polisi khawatir hal itu akan terbuka," tandasnya.

Neta juga menyebut enam inisial nama perrwira tinggi di Mabes Polri yang ikut menerima aliran dana Gayus. Masing-masing  P, E, R, I, S dan H.

"Sebagian besar itu masih menjabat," ujar Ketua Indonesia Police Watch (IPW).

Menurut Neta, dirinya menyebut 6 inisial di atas, salah satunya adalah petugas Propam Mabes Polri yang membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Salah satunya ada petugas Propam yang membuat BAP, dan sudah digeser," jelasnya.

Karena itulah, Neta meminta KPK untuk segera memeriksa lima perwira tinggi Mabes Polri tersebut ditambah satu petugas Propam.

"Kami minta KPK periksa orang-orang tersebut, dan IPW siap memberi masukan," tandasnya.

Penulis : ema_damayanti
Editor : ema_damayanti
Sumber : Tribunnews

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe