Home / Bumi Lancang Kuning / Indragiri Hulu
Peringatan bagi Penunggak Air Ledeng
Tribun Pekanbaru - Kamis, 27 Januari 2011 22:56 WIB
Share |
RENGAT, Tribunnewspekanbaru.com - Peringatan bagi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indra di Kota Rengat, bagi yang menunggak lebih dari enam bulan, nama konsumen akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rengat, untuk ditagih pembayarannya.

Tindakan tersebut mulai diterapkan sejak dilakukannya penandatangan kerja sama yang telah ditandatangani Desember 2010 lalu, efektif diberlakukan, Kamis (27/1). Tidak hanya itu, jika tidak ada itikad baik dari pelanggan, PDAM Tirta Indra akan menempuh jalur hukum.

"Jadi, jangan heran jika pelanggan yang menunggak enam bulan ke atas akan menerima panggilan dari Kejari Rengat untuk menghadap Kasi Perdata dan Tata Usaha Negera," ujar Direktur Utama PDAM Tirta Indra, Ir Ahmad Hafiz, kemarin.

Alasan lainnya, banyak pelanggan yang tidak mengindahkan peringatan dari PDAM, meskipun sudah diberikan surat pemanggilan sebanyak tiga kali. Menurut Hafiz, pemanggilan Kejari Rengat akan dilakukan secara bertahap berdasarkan data yang dikirimkan PDAM.

Nantinya, pemanggilan juga akan dilakukan terhadap pelanggan yang menunggak lebih dari dua bulan."Intinya, pelanggan yang dipanggil itu, diminta komitmennya untuk melunasi. Jika tidak, tentu akan ada upaya hukum yang akan ditempuh," jelas Ahmad Hafiz.

Hafiz menambahkan, dari 4.300 pelanggan PDAM Tirta Indra yang ada di Rengat, 20 persennya saat ini memiliki tunggakan pembayaran tagihan. Bahkan jika dihitung sejak tahun 2000 hingga 2011 ini, total tunggakan pelanggan PDAM Tirta Indra sudah mencapai Rp 1 miliar.

"Mayoritas yang menunggak itu adalah pelanggan rumah tangga. Tetapi, yang memprihatinkan kami, umumnya mereka berasal dari rumah tangga mampu. Sehingga kami menduga mereka cenderung menyepelekan PDAM," ungkapnya.

Karena itu, Hafiz berharap pelanggan yang memiliki tunggakan pembayaran rekening dapat segera melunasinya. Sebab, tagihan dari pelanggan akan dikembalikan lagi ke pelanggan dengan cara meningkatkan pelayanan air bersih.

"Khusus untuk Rengat, loket pembayaran buka hingga Sabtu, tetapi hanya setengah hari saja. Kedepan kita sudah merencanakan untuk memberikan reward bagi pelanggan yang telah membayar tepat waktu," pinta Hafiz. (kor1)

Penulis : zulham
Editor : zulham

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe