Home / Bisnis / Market
Februari Asperapi Akan Gelar Musda
Tribun Pekanbaru - Kamis, 27 Januari 2011 22:01 WIB
Share |
PEKANBARU, TRIBUN - Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) masih saja sering dianggap sebelah mata. Padahal tak bisa dipungkiri bahwa sektor ini memiliki multiplier effect besar untuk menggerakan roda perekonomian daerah.
Di samping itu, pertumbuhan usaha yang bergerak di bidang MICE juga terus mengalami peningkatan, termasuk yang ada di Pekanbaru. Ketua Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Riau, Ahmad Fadli kepada Tribun mengungkapkan ada sekitar 30 Event Organizer (EO) yang bermunculan di Riau. Masih ditambah lagi dengan usaha lain seperti usaha stand contractor, venue owner, supplier dan lain sebagainya.
Memang dalam sebuah event pameran atau industri MICE, ada beberapa usaha yang terlibat di dalamnya. Karena akan berat biayanya jika dikerjakan sendirian, jadi dilakukan bersama-sama dengan usaha lainnya.
"Di Riau sudah banyak bermunculan usaha semacam itu. Namun baru 15 perusahaan saja yang turut bergabung dengan Asperapi," ujarnya. Karena itu Fadli juga mengajak para pelaku bisnis serupa untuk bersedia bergabung dalam Asperapi Riau.
Asperapi sudah ada sejak 20 tahunan yang lalu. Namun di Riau baru hadir pada tahun 2008. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung bersama Asperapi. Di antaranya adalah membina kerja sama antar pelaku usaha sejenis untuk mengembangkan bisnis berbasis MICE di Pekanbaru dan Riau secara umum.
Untuk memantapkan posisi Asperapi Riau, pada pertengahan bulan Februari 2011 ini, akan dilaksanakan Musyawarah Daerah (Musda). Adapun agenda utama dalam musda tersebut adalah mengajak masyarakat Riau untuk melek terhadap iven pameran. Dalam Musda tersebut juga akan dilakukan pemilihan ketua Asperapi Riau untuk periode 2011-2014.

Penulis : AnastasiaDwi
Editor : Nurul

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe