Home / Citizen Journalism
Hati -hati Serangan Penyakit Typus
Tribun Pekanbaru - Minggu, 23 Januari 2011 18:13 WIB
Share |
tipus2.jpg
ilustrasi
Typus merupakan penyakit yang disebabkan oleh  bakteri Salmonella,  dimana bakteri Salmonella ini terbagi dua yakni salmonella typhi dan salmonella paratyphi. Namun sekitar 96 persen penyakit typus disebabkan oleh bakteri salmonella typhi.

Dimana bakteri ini menyerang saluran pencernaan tubuh manusia yang dihinggapinya. Sehingga menimbulkan rasa demam tinggi, biasanya demam untuk penyakit typus terjadi sekitar tujuh hingga empat belas hari.

Gejala lainya yang terasa bagi penderita adalah ada gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar, mual, muntah, nyeri otot, lemas dan terjadi penurunan kesadaran. Sebagian penderita mengigau disaat tidur.

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan obat penurun demam. Jika dalam waktu sekitar tujuh hari demam tersebut tidak kunjung sembuh segera berobat ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter adalah dengan memeriksa suhu badan pasien yang meningkat. Jika disertai dengan pembesaran limpa harus dulakukan tes widal atau tubeks untuk mengtahui  diangnosis typus.

Tindakan yang harus dilakukan oleh penderita typus adalah dengan memperbanyak istirahat walaupun kodisi tubuh pasien tersebut sudah mulai baik. Istirahat ini sebaiknya dilakukan minimal tujuh hari setelah dilakukan pengobatan.

Faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit typus adalah imunitas tubuh yang kurang bagus dan terpaparnya makanan oleh bakteri salmonella. Bakteri tersebut masuk lewat mulut lewat makanan, lalu kemudian menyerangan saluran cerna. Dimana sumber awal bakteri tersesebut adalah kotoran manusia.

Para penderita penyakit typus, kebanyakan dari golongan yang tidak bisa menjaga kebersihan lingkungannya, terutama makanan. Jika makanan yang dimakan bersih, maka bakteri Salmonella tidak akan mudah datang ke makanan tersebut.

Untuk itu  agar tidak terjangkit penyakit typus lakukan tindakan kebersihan lingkungan dan menjaga hygienitas makanan. Selain itu setiap kali akan mengkosumsi makanan sebaiknya mencuci bersih tangan terlebih dahulu.

Sementara untuk anak-anak sekarang sudah ada vaksin imunisasi untuk mencegah penyakit typus,  vaksin ini biasanya diberikan pada anak-anak yang berusia dua tahun. Selain itu untuk menjaga imunitas tubuh, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. (zid)

Penulis : zidpoenya
Editor : zidpoenya

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe