Home / Sportvaganza
Sore Ini Rusli Naik Ring Lawan Ellyas Pical
Tribun Pekanbaru - Sabtu, 22 Januari 2011 16:09 WIB
Share |
Laporan : Syafruddin

PEKANBARU, TRIBUN- Layaknya pertarungan tinju profesional dunia, duel Gubernur Riau Rusli Zainal versus Ellyas Pical harus melalui beberapa proses sebelum naik ring, Sabtu (22/1) sore ini, sekitar pukul 14.00 WIB di sasana tinju Pertina Riau Rumbai . Tes kesehatan, timbang badan dan menggelar konferensi pers.

Tes yang digelar Jumat (21/1) kemarin di Hotel Arya Duta Pekanbaru menyatakan keduanya layak bertanding. Pada tes kesehatan, tim medis RSUD Arifin Ahcmad Pekanbaru yang diketuai dr Riswaldi menyebutkan, Rusli dan Ellyas Pical layak tanding.

Hasil ini berdasarkan pemeriksaan fisik keduanya Kamis kemarin, yang menyatakan kesehatan kedua tidak bermasalah. Sementara untuk proses timbang berat badan, kedua petinju ini sama-sama memiliki berat 81 Kg.

Sedangkan untuk spesifikasi jangkauan, terdapat perbedaan. Rusli punya panjang lengan 54 cm, dengan lebar dada 47 cm dan kepalan tinju 24 cm. Sedangkan Ellyas Pical sendiri melebihi itu, panjang lengan 65 cm, lebar dada 57 cm dan kepalan tinju 34 cm.

Namun perbedaan itu tidak membuat duel petang ini batal digelar. Ketua Bidang Perwasitan PB Pertina, Goche, menyebutkan, duel ini tetap digelar dengan kelas, middle weight. Sebelum Rusli dan Ellyas Pical duduk berdampingan dalam konferensi kemarin, orang nomor satu di Riau itu sempat melemparkan ancaman kepada mantan juara dunia kelas bantam tersebut.

Tidak hanya itu, Rusli juga merasa tidak gentar dengan Pical berikut prestasi yang sudah pernah diukirnya. Dengan latihan dua bulan yang sudah dilakoninya, suami Septina Primawati Rusli tersebut optimis bisa mengkanvaskan petinju asal Ambon dalam dua ronde.

"Partai ini sudah lama saya tunggu. Saya tak tersinggung dengan anggapan banyak orang tentang duel ini besok (hari ini). Intinya, saya tak takur dengan Pical," kata Rusli sambil menahan ketawa, setelah Ketua Pertina Riau Robin P Hutagalung membeberkan kekuatannya kepada wartawan.

Robin menyebutkan, Rusli merupakan petinju andalan yang dimiliki Riau saat ini. Dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, siap menumbangkan Pical. Bahkan Robin sengaja tidak menyebutkan rekor tinju Rusli selama ini, karena dianggap sebagai titik kelemahan yang diharapkan Pical.

"Semua orang sudah tahu jam terbang Rusli, udah laha, itu rahasia dan strategi Rusli," kata Robin yang memimpin jumpa pers. Karena terlalu disanjung, akhirnya Rusli tertawa terbahak-bahak. Bagi Rusli, apapun ceritanya duet unik ini, dia akan serius melakoninya. Karena dia sudah lama menginginkan untuk melawan sekelas Ellyas Pical.

"Jujur, saya serius. Saya minta teman-teman jangan pikir ini tak serius. Besok (hari ini) kita buktikan. Saya targetkan ronde dua, Pical kalah," kata Rusli sambil menahan ketawa lagi. Namun apapun yang dilakukan Rusli ini semata-mata demi PON di Riau nanti.

Lainnya halnya dengan ancaman yang ditebarkan Pical. Petinju kelahiran 1957 itu meminta Rusli jangan sampai kecolongan. Pasalnya, setiap ada peluang dia akan melayangkan hook-nya. "Apalagi kalau saya dipukul, saya akan balas lagi," katanya.

Bagi Pical memukul seorang pejabat besar tidak lantas membuat dia bertekuk lutut. "Saya sudah banyak berhadapan dengan petinju hebat, saya tak takut. Termasuk dengan Pak Gubernur," ujarnya sambil tersenyum.

Bisa dibayangkan partai ini akan berjalan seperti apa sore ini. Kedua petinju sama-sama menebar ancaman. Apalagi, Rusli yang sengaja ditangani pelatih Darman Hutauruk, pelatih tinju Riau sudah menyiapkan strategi jitu untuk mengkanvaskan Pical. Sebaliknya, Rusli Pical sendiri, ditangani pelatih Robin P Hutagalung akan berbuat hal yang sama.

Siapa yang bakal memenangkan partai ini? Publik Riau, khususnya Pekanbaru harus datang langsung ke sasana tinju...Pertandingan ini sengaja diset Pertina Riau sekaligus peresmian ring tinju di Rumbai yang akan digunakan untuk persiapan Riau jelang PON nanti.

Penulis : vina
Editor : vina

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe