Home / Nasional
Pemkab Kerinci Tolak Tawaran Kerjasama RAL
Tribun Pekanbaru - Kamis, 20 Januari 2011 10:54 WIB
Share |
Riau-Air.jpg
JAMBI, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci menolak tawaran perusahaan penerbangan Riau Airlines (RAL) milik pemerintah Provinsi Riau untuk kembali bekerja sama dengan penyertaan modal.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kerinci, Afrizal di Jambi, Kamis mengatakan, pemerintah Provinsi Riau kembali menawarkan pemerintah Kabupaten Kerinci supaya tidak mencabut modal atau sahamnya di maskapai Riau Airlines (RAL).

"Peyertaan modal atau saham senilai Rp6 miliar itu pada maskapai RAL itu akan dicabut atau dijual pada komisaris lain," katanya.

Pemerintah Riau sebagai komisaris utama RAL tersebut minta Bupati Kerinci untuk tidak mencaut sahamnya, dan ikut mendukung penyempurnaan perusahaan tersebut, supaya dapat kembali normal.

Ia menyebutkan, kendati pemerintah Kabupaten Kerinci belum memberi jawaban, namun diyakini Bupati Kerinci akan menolak penawaran itu, karena tidak memberi keuntungan pada daerah dan masyarakat kerinci.

Sebelumnya perusahaan penerbangan tersebut sempat melayani penerbangan rute Riau-Jambi-Kerinci, namun sejak Mei 2010 penerbangan itu terhenti, karena mengalami kerugian.

Pemerintah Kabupaten Kerinci akan menarik peatau menjual saham tersebut, yang dananya nanti kembali ke kas daerah yang akan digunakan untuk membenahi transportasi udara.

Pemerintah Kabupaten Kerinci sedang merintis kembali penerbangan dari dan ke Kerinci dengan peruahaan penerbangan Komala Air.

Sistim kerja sama yang sudah ditandatangani antara pemerintah Kabupaten Kerinci dengan perusahaan penerbngan komala Air itu, yakni pembelian tempat duduk (block seat) sebesar 75 persen dari kapasitas.

"Jika DPRD setempat menyetujui sistim kerja sama yang akan menelan dana subsidi debesar Rp1,5 miliar itu, kemungkinan besar penarikan saham Rp6 miliar itu bisa digunakan untuk subsidi tersebut," kata Afrizal. (*)

Editor : rinal

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe