Home / Dumai Region / Duri
100 Truk Kayu Lewati Kota Duri dalam 3 Jam
Tribun Pekanbaru - Rabu, 12 Januari 2011 23:14 WIB
Share |
DURI Tribunnewspekanbaru.com - "Beberapa hari saya perhatikan sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB, setiap hari ada lebih dari 100 truk bermuatan kayu log yang lewat di Jalan Hangtuah Duri. Ini membuktikan bahwa masih adanya pembalakan hutan di Riau. Baik legal maupun illegal".

Kutipan ini disampaikan Ketua Generasi Peduli Alam Lingkungan (Gempal), H Simamora kepada Tribun kemarin setelah ia melakukan penyelidikan selama empat hari, tentang jumlah truk bermuatan kayu log di Jalan Hangtuah, Duri.

Dikatakan Simamora, dalam tiga jam ada sekitar 100 lebih truk bermuatan kayu log yang melewati Jalan Hangtuah, Duri. Namun, ia tidak pernah mendengar pihak berwajib melakukan penangkapan atau razia truk kayu.

"Pak Kapolda Riau, Kami menunggu tindakanmu, karena kami tidak ingin anak cucu kami tidak memiliki hutan. Pak Gubernur, mana komitmenmu dalam menghentikan penebangan hutan di Riau?," ungkap Simamora.Kepada Bapak Gubernur, ulas Simamora, harus melakukan cek dan ricek terkait jembatan timbang Balai Raja, karena semua truk yang bermuatan kayu itu melewati jembatan itu, namun tidak ada tindakan tegas.

"Truk tersebut saya jamin bertonase lebih dari kekuatan Jalan Duri-Pekanbaru, maka tidak satu batang pun kayu itu diturunkan karena kelebihan muatan di jembatan timbang. Apakah jembatan timbang hanya untuk memungut retribusi bukan untuk penertiban.

Lantas bagaimana dengan jalan yang rusak, apakah cukup uang restribusi itu untuk perbaikannya. Kalau cukup, mana buktinya, nyatanya Jalan Duri-Pekanbaru di kawasan Mandau hingga Kandis banyak yang bergelombang," papar Simamora. (nol)


Penulis : zulham
Editor : zulham

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe