Home / Bumi Lancang Kuning / Indragiri Hulu
Sidang Korupsi APBD Inhu Ditunda
Tribun Pekanbaru - Selasa, 11 Januari 2011 23:38 WIB
Share |
RENGAT, Tribunnewspekanbaru.com - Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi APBD Indragiri Hulu 2005-2008 senilai Rp 114 miliar yang akan digelar hari ini, Rabu (12/1), dipastikan kembali ditunda. Penundaan dilakukan setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan belum menyusun tuntutan.

Rencananya, sidang hari ini pembacaan tuntutan terhadap lima terdakwa dari mantan anggota DPRD Inhu, Sunardi Ibrahim, Mulyadi HJR, Alfian DJaharan, serta mantan bendaharawan Sekretariat DPRD Inhu Khaidirianto dan Raja Junaidi."Ini atas permintaan Jaksa Penuntut Umum.

Mereka menyatakan belum menyusun tuntutan sehingga hakim menunda sidang," ungkap Kepala Pengadilan Negeri Rengat, Julien Mamahit SH, Selasa (11/1).Sementara itu, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Rengat, Arkan Alfaisal kepada wartawan membenarkan penundaan tersebut dikarenakan permintaan dari JPU yang belum selesai menyiapkan tuntutan.

Arkan menjelaskan, JPU masih menginginkan adanya itikad baik dari terdakwa yang akan melakuan pengembalian kerugian negara. "Namun ksempatan itu sudah berakhir minggu ini dan minggu depan kita sudah dapat membacakan tuntutan dan tidak ada lagi penundaan sidang," jelas Arkan.

Sesuai Surat Edaran Jaksa Agung No 003 tahun 2010 tanggal 25 Februari 2010, ujar Arkan, pengembalian kerugian keuangan negara menjadi prioritas dan besarnya pengembalian mempengaruhi terhadap tuntutan yang akan diajukan oleh JPU. "Makanya kami meminta penundaan sidang karena ada dari terdakwa yang akan melakukan pengembalian tersebut," jelasnya.

Dalam surat edaran tersebut juga dibunyikan dasar-dasar tuntutan dengan mempertimbangkan besarnya pengembalian, apakah itu 25 persen, 50 persen atau 75  persen, bahkan 100 persen. Namun, tetap saja meskipun pengembalian sudah 100 persen tidak akan menghilangan pidana mereka dan denda yang harus dibayarkan.

Kuasa Hukum Terdakwa Alfian Djaharan dan Khaidiriyanto, Andra Wira Putra, membenarkan sidang hari ini ditunda atas permintaan JPU. "Bagi kami tidak ada persoalan terkait penundaan ini," ujar Andra. (rgt)


Penulis : zulham
Editor : zulham

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe