Home / Dumai Region / Dumai
Kerahkan 277 Porsenil untuk Natal dan Tahun Baru
Tribun Pekanbaru - Jumat, 17 Desember 2010 22:50 WIB
Share |
DUMAI, Tribunnewspekanbaru.com- Polres Dumai akan mengerahkan sebanyak 277 porsonil dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru. Kepolisian juga akan menempatkan sejumlah personilnya di 45 titik pelaksanaan ibadah umat Kristiani baik yang digelar di gereja ataupun hotel-hotel.

Kapolres Dumai AKBP Rudi Abdi Kasenda melalui Kabag Ops, Kompol Robin Lumban Raja, Kamis (16/12) mengatakan, sampai saat ini sebanyak 45 gereja yang sudah mendaptar ke Polres untuk mendapatkan pengamanan saat pelaksanaan ibadah terkait perayaan natal.

"Untuk di 45 titik tersebut akan kita tempatkan petugas sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menganggu kelancaran ibadah seperti halnya teror. Sehingga pelaksanaan ibadah yang dilakukan bisa berjalan khusuk tampa ada gangguan kemanan," katanya.

Disebutkanya penempatan tersebut disesuaikan dengan permohonan yang diajukan panitia perayaan natal. Selain di gereja penempatan petugas tersebut juga akan dilakukan di tempat lainya seperti hotel yang digunakan untuk pelaksanaan ibadah natal tersebut.

Pihak kepolisian khusunya yang ada di Dumai juga akan melakukan berbagai upaya terhadap pencegahan tindak kejahatan seperti teror. Terutama sekali pengawasan ketat yang dilakukan terhadap aksi pemboman yang rawan terjadi di Bulan Desember.
"Kita dari kepolisian siap melaksanakan pengamanan dari tindak kejahatan.

Sehingga pelaksanaan ibadah dan juga perayaannya bisa berlangsung aman, tertib dan lancar tampa kendala," katanya.Meskipun demikian, disebutkan upaya terkait kewaspadaan tehadap aksi kejahatan seperti halnya teror tersebut sudah dilakukan di jajaran Polres Dumai. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan.

Sebab Dumai memiliki objek vital yang merupakan aset negara seperti hal nya Pertamina dan juga PT CPI. Sehingga kewaspadaan terhadap berbagai bentuk aksi kejahatan tersebut selalu menjadi perhitungan sendiri bagi kepolisian Dumai.

"Untuk pengamanan teroris itu akan kita perketat. Sebelumnya kita juga sudah melakukan upaya yang sama untuk pengamanan khusunya lagi terhadap objel vital. Memang Dumai belum pernah mengalami kejadian. Tapi kita tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal seperti itu yang bisa saja terjadi," katanya.

Pengamanan yang dilakukan itu tak hanya untuk titik tersebut, dalam rangka Natal dan tahun baru tersebut juga akan dilakukan pengamanan secara menyeluruh. Baik untuk antisipasi tindak kejahatan ataupun terhadap kelancarannya terutama arul lalu-lintas Untuk pengamanan tersebut, ia belum memastikan akan dilakukan secara terpadu bersama tim atau tidak, atau ada sistim lain.

Meskipun begitu Polres sudah mengundang sejumlah instasi seperti Dinas Perhubungan, Dinas PU juga DPRD Dumai. Pertemuan yang dilakukan membahas tentang kesiapan pelaksanaan pengamanan dua hari besar tersebut yakni Natal dan tahun baru.

Sebab dalam melaksanakan pengamanan guna kelancaran perayaan Natal dan tahun baru tersebut juga berkaitan dengan akses seperti halnya jalan. Terutama untuk jalan dengan kondisinya yang sebagian besar rusak, merupakan satu diantara faktor penghambat dalam kelancaran tersebut."Tapi sistim pengamanan tersebut juga terus dilanjutkan. Intinya kita akan melakukan pengamanan tersebut," katanya.(ibl)

Penulis : zulham
Editor : zulham

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe