Home / Nasional
Polri: Abu Tholut Ditangkap Pukul 08.00 WIB
Tribun Pekanbaru - Jumat, 10 Desember 2010 12:16 WIB
Share |
abu-tholut.jpg
tribunnews
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri akhirnya membenarkan Densus 88 Antiteror menangkap gembong terroris nomor wahid Mustopa alias Abu Tholut. Abu Tholut ditangkap di rumah persembunyiannya di Kudus, Jawa Tengah.

"Ditangkap di Kudus tadi jam 08.00 WIB," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Iskandar Hasan saat dihubungi, Jumat (10/12/2010).

Saat ini Densus masih mengembangkan penyidikan pelaku terorisme yang paling diburu ini dengan jaringan kelompok teroris Aceh dan Medan.

"Masih di cek apa ada hubunganya dengan Aceh," katanya. Abu Tholut, lanjut Iskandar, masih diperiksa intensif di Jawa Tengah. Dalam waktu dekat, otak di balik perampokan Bank CIMB Niaga Medan itu akan dibawa ke Jakarta.(*)

Nama Abu Tholut alias Mustofa mulai mengemuka menjadi gembong teroris paling wahid setelah Norrdin M Top tewas di Sukoharjo Solo. Dia diduga mengendalikan pelatihan militer di Aceh dan otak di balik perampokan Bank CIMB Niaga Medan.

"Mereka mengaku disuruh oleh Mustofa alias Abu Tholut yang sudah divonis 8,5 tahun dan mendat remisi dan kemudian beraksi lagi," kata mantan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD dalam jumpa pers di Mapolda Sumatera Utara, Senin (20/9) lalu.

Mustofa, kata BHD, adalah Mantiki atau pimpinan wilayah jaringan teroris untuk Aceh dan Sumatera Utara. Pria bernama Mustofa memiliki beberapa nama samaran, antara lain Imron dan Abu Tholut. Buron teroris dari kamp militer Aceh ini merupakan mantan narapidana teroris yang terlibat peledakan bom di Atrium Senen, Jakarta pada 2001. Mustofa diduga kuat ikut latihan di Aceh. Terakhir Mustofa tinggal di Permata Hijau, Jakarta.(*)

Editor : rinal
Sumber : Tribunnews

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe