Home / Riau Region
61,39 Persen Guru di Riau Belum Sarjana
Tribun Pekanbaru - Senin, 8 November 2010 12:29 WIB
Share |
guru.jpg
net
PEKANBARU, TRIBUN - Sebanyak 61,39 persen atau 66.011 guru yang terdapat di Riau belum berpendidikan sarjana, ujar Kepala Dinas Pendidikan Riau Irwan Effendi, di Pekanbaru, Senin (8/11).

Sedangkan guru berpendidikan sarjana di daerah itu 30 persen atau 28.570 dan sisanya pendidikannya master dan doktor.

Menurut Irwan Effendi, jumlah itu memang belum setara pendidikan guru nasional yang rata-rata  pendidikan sarjananya mencapai 78,92 persen.

Namun, dibandingkan tahun sebelumnya, kata Irwan, jumlah guru yang belum menjadi sarjana jauh berkurang.

Menurut dia, beberapa kendala yang dihadapi oleh pihaknya dalam memenuhi standar guru karenakan mereka yang belum sarjana banyak berada di kabupaten yang sulit di jangkau, seperti Rokan Hulu, Rokan Hilir, maupun Indragiri Hilir.

"Begitu juga kapasitas penerimaan Universitas Terbuka, yang setiap tahunnya hanya menerima sekitar seribu mahasiswa. Padahal jumlah guru kita yang belum sarjana mencapai 66 ribu," kata dia.

Meski demikian, pihaknya mendorong guru-guru tersebut untuk melanjutkan pendididkannya di beberapa universitas swasta, baik di Pekanbaru maupun di kabupaten lainnya.

"Disdik mendorong guru-guru tersebut untuk melanjutkan pendidikannya dengan memberikan beasiswa. Tahun ini dianggarkan sebesar Rp90 miliar untuk pengembangan guru dan dosen di Riau," katanya.

Pihaknya memperkirakan permasalahan guru yang belum sarjana ini akan selesai pada 2015.
"Disdik bekerjasama dengan PGRI maupun lembaga lainnya mendorong guru untuk terus meningkatkan kemampuan dan pendidikannya," tutupnya. (*)

Editor : rinal
Sumber : Antara

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe