Home / Riau Region
Masyarakat Bisa Kuliah Gratis
Tribun Pekanbaru - Minggu, 22 Agustus 2010 14:59 WIB
Share |
TANJUNGPINANG,TRIBUN - Satu lagi perguruan tinggi bergengsi akan hadir di Tanjungpinang. Bila tidak ada aral melintang, sejumlah pengusaha yang tergabung dalam kelompok donatur asal Taiwan, berencana mendirikan sebuah perguruan tinggi yang akan dibangun di kawasan Galang Batang, Kabupaten Bintan. 

“Saat ini saya sedang membantu mereka mengurus persoalan perizinan,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto. Bobby pada pertengahan Agustus lalu sempat mengunjungi Taiwan. 
Perguruan tinggi ini akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 30 hektar, dan nantinya menyatu dengan Vihara dan klinik. 

Vihara itu sendiri akan menjadi tempat peribadatan umat Budha, sementara perguruan tinggi dan klinik, nantinya selain melayani umat Budha di Tanjungpinang, juga terbuka untuk umum. Wacana awalnya, perguruan tinggi tersebut akan gratis, alias tidak memungut biaya sama sekali. Namun kepastian ini semua tergantung dari izin yang sedang mereka urus. 

Saat berkunjung ke Taiwan tersebut, Bobby datang bersama Dirjen Bimas Agama Budha Departemen Agama RI  Budi Setiawan. Mereka menghadiri acara sembahyang leluhur, yang diikuti sekitar lima ribu biksu dari berbagai daerah. 

Selain pendirian kampus, klinik, dan vihara juga direncanakan nantinya akan dibangun patung Budha yang diperkirakan akan menjadi yang terbesar di Asia. Tinggi patung Budha itu akan setara tinggi gedung 12 lantai, dengan panjang sampai 24 meter. “Ini nanti adalah patung sleeping Budha,” kata Bobby, yang pernah menjabat sebagai Ketua PSMTI Tanjungpinang ini. 

Untuk kampus sendiri, bila sudah beroperasi, nantinya juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa non Budha untuk belajar. Memang di dalamnya ada mata kuliah pengajaran agama Budha dan bahasa Mandarin. Namun bagi mahasiswa umum, diperbolehkan untuk tidak mengikuti mata kuliah ini. 

Kapan rencana besar ini akan terealisasi? Bobby mengatakan saat ini masih belum bisa ditentukan batas waktunya. Hal ini mengingat masih dalam tahap persiapan. Persiapan yang paling utama adalah dalam hal pengurusan izin pembangunan terlebih dahulu. (aji)

Editor : ioezhe

© 2010 Tribunnewspekanbaru.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Ioezhe